Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Selasa, 15 November 2011

Kemenangan F1 Abu Dhabi milik Lewis Hamilton

Sebastian Vettel gagal melanjutkan pertandingan gara-gara ban belakang pecah di lap awal. Hingga akhirnya kemenangan Grand prix Formula satu Abu Dhabi diraih Lewis Hamilton tanpa ada perlawanan berarti.
Sebastian Vettel gagal meraih finish dalam grand prix Abu Dhabi yang berlangsung (13/11) Minggu kemarin. Lantaran, mobil yang dikemudikannya mengalami pecah ban pada lap awal perlombaan. Dengan kandasnya Sebastian Vettel tersebut, pucuk kemenangan akhirnya mampu diperoleh Lewis Hamilton tanpa mendapatkan perlawanan keras dari para rivalnya.

Adu cepat jet darat menjelang seri terakhir Formula satu yang berlangsung di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi ini menjadi hari buruk bagi Sebastian Vettel. Meski start di posisi pole pertama, membelakangi Lewis Hamilton (McLaren-Mercedes) di tempat kedua, lalu Jenson Button di pole ketiga dan Mark Webber posisi pole keempat, serta Fernando Alonso (Ferrari) di urutan kelima. Namun, Sebastian Vettel tidak dapat meneruskan perlombaan karena ban belakang kanannya pecah.

Akibat insiden Sebastian Vettel di lap kedua tersebut, tim Red Bull pun menggantungkan harapan kemenangan pada Mark Webber untuk dapat menyelesaikan perlombaan sebanyak 55 lap. Pada lap 15, Mark Webber berusaha menyalip Jenson Button saat mendekati tikungan meski berhasil tetapi tidak berlangsung lama karena posisinya kembali dipegang Jenson Button.

Tak berapa lama, Mark Webber melakukan pit stop pertama untuk mengganti ban. Sampai akhirnya posisi keempatnya tak dapat dipertahankan karena banyak menghabiskan waktu di pit stop. Dampaknya, ia terpisah dengan Jenson Button dan posisinya turun keenam di belakang Felipe Massa (Ferrari) yang saat pole berada di tempat keenam.

Babak pertarungan mulai memanas, antara Felipe Massa dan Jenson Button diman terjadi aksi saling mendahului ketika memasuki tikungan di lap 28 hingga lap 30. Sementara, pada lap 43 akhirnya Mark Webber dapat menyalip Jenson Button dan berada di urutan ketiga. Namun, kembali lagi masalah pit di lap 54 menjadi penyebab hingga akhirnya ia finis di posisi keempat. Padahal, saat itu Mark Webber hanya tinggal menyelesaikan satu lap saja.

Melihat adanya peluang pit stop yang dilakukan Mark Webber, Jenson Button dari McLaren-Mercedes pun langsung mengambil kesempatan mengisi posisi ketiga hingga akhirnya finis di podium ketiga. Sedangkan, posisi kedua direbut Fernando Alonso (Ferrari) yang juga tak luput dari kerja keras sejak awal perlombaan. Kemenangan podium kedua tersebut didapat karena strategi pit stop, dimana pada pit stop pada pergantian ban yang kedua, Fernando Alonso melakukannya dua lap setelah Hamilton sehingga posisi terus berdekatan dengan Lewis Hamilton yang memenangi posisi juara pertama.

Sehingga urutan posisi lima pembalap teratas secara berurutan diduduki, Lewis Hamilton, Fernando Alonso, Jenson Button, Mark Webber serta Felipe Massa. Lalu, finish di tempat keenam Nico Rosberg, diikuti Michael Schumacher, Adrian Sutil Force, Paul Di Resta serta pembalap Kamui Kobayashi yang menutup sepuluh pembalap teratas.

Dalam hal kejuaraan pembalap, gelar juara masih dipegang Sebastian Vettel, lalu Jenson Button dengan 252 poin, Fernando Alonso dengan 245 poin, dan Lewsi Hamilton dengan perolehan poin sebanyak 227 poin. (ristuyana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar